Bingung mulai mendesain dari mana? Ini dia situs rekomendasi untuk mulai mendesain (Part 2)

Melanjutkan postingan pada tanggal 13 November yang lalu, kali ini saya akan membahas 4 situs teratas kategori vektor atau ilustrasi serta 4 situs teratas tempat saya menemukan insiprasi ketika mendesain. 


4 Situs teratas kategori vektor


1. Freepik

Freepik merupakan yang selalu saya gunakan hingga saat ini. Ada vektor, file psd dan foto gratis serta ada pula yang berbayar (fitur premium). Kualitas yang didapatkan ketika mengunduh file vektor dari Freepik sangat bagus dan kreativitas dari setiap vektor yang ada di Freepik patut dihargai dengan memberikan credit dimanapun teman-teman menggunakan vektor tersebut. 


freepik.com

Ohiya, selain freepik.com, ada pula produk lainnya dari freepik yang menurut saya sangat membantu menambah desain teman-teman jadi lebih menarik. Namanya Stories by Freepik  yang menurut pengamatan saya banyak sekali digunakan di berbagai platform sosial media oleh berbagai perusahaan.
 

2. Vecteezy

Vecteezy ini adalah situs kedua setelah aku tidak menemukan di Freepik. Tidak hanya vektor, di vecteezy ada video. Bila melihat lebih luas lagi, vecteezy adalah bagian dari Eezy inc di mana menyediakan themezy, brusheezy dan vedeezy. Kualitas gambarnya bisa dibilang bintang tiga dari lima namun, tidak ada salahnya menjadi pelanggan setia vecteezy.


vecteezy.com



3. Flaticon

Setelah berkecimpung di dunia desain, saya tidak lagi mengunduh gambar atau foto langsung dari search engine. Meskipun itu hanya logo media sosial. Nah, saya berterima kasih sekali dengan Flaticon yang menyediakan berbagai ikon mulai dari logo media sosial hingga apapun itu, dalam satu set, yang bisa digunakan di berbagai poster atau presentasi teman-teman. Terlebih kualitasnya sangat bagus.


flaticon.com


dan, flaticon ini termasuk Freepik Company. Nah, memang Freepik tidak diragukan lagi buat kami kami yang belum bisa membuat desain flat maupun vektor sendiri. 


4. Streamline

Streamline ini menyediakan ikon, emoji, dan gambar jenis stiker di situsnya. Menurut referensi yang saya baca, streamline ini sering digunakan oleh ahli UX dan UI. Ada streamline icon dan streamline app. Saya biasanya datang ke streamline icon untuk mengunduh beberapa ikon yang cocok untuk desain saya dalam bentuk .png.


streamlineicons.com



Nah, sekarang 4 situs teratas yang sumber inspirasi saya :D


1. Pinterest

Karena sudah bersahabat dengan Pinterest sejak SMP, jadi udah kebiasaan kalau cari referensi dan insight desain di Pinterest. Fitur pin to board-nya, yang menjadi inspirasi dari fitur save di Instagram sangat memudahkan juga (Iya prinsipnya Pinterest itu pin yang kamu interest, oke, baru sadar juga waktu nulis ini). 

pinterest.com




2. Behance

Behance! Portfolio orang-orang yang ada di situs ini keren semua. Platform media sosial yang satu ini adalah kepunyaan Adobe sehingga tools yang digunakan para creator-nya adalah tools milik Adobe seperti Photoshop, Illustrator, InDesign, dan lain sebagainya. 

behance.net



3. Dribbble

Dribbble ini hanya untuk mencari referensi saja. Sering sekali dibanding-bandingkan dengan Behance padahal sebenarnya berbeda. Jenis artwork yang ada di Dribbble lebih terbatas daripada Behance (Ilustrasi, desain produk, animasi, media cetak, dll). Bila di Behance teman-teman bisa mengunggah hasil karya teman-teman (portfolio), di Dribbble tidak semua bisa mengunggah hasil karyanya, karena harus diundang terlebih dahulu :") dan portfolio yang disuguhkan di Dribbble tidak sedalam di Behance. Ya begitulah, teman-teman mungkin bisa mencoba untuk mencari inspirasi desain di Dribbble dan Behance segera setelah membaca ini :D


4. Envanto

Envanto ini banyak banget isinya, mulai dari template media sosial, desain grafis, footage video juga tersedia. Pembeda envanto dan tiga situs di atas adalah envanto ini marketplace. Jadi selain menyediakan referensi, buat kita yang hanya membutuhkan insight, envanto adalah tempat berjualan para orang-orang kreatif pembuat desain grafis, template, desain web dan lain sebagainya.

envato.com


Selesai! Itulah beberapa referensi versi Nabilah Kusuma. Semoga bisa membantu teman-teman yang baru saja mulai mendesain atau berkecimpung di hal-hal seperti ini. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.