Bingung mulai mendesain dari mana? Ini dia situs rekomendasi untuk mulai mendesain (Part 1)

 

Selama pandemi, kegiatan per-koas-an saya adalah journal reading, yaitu mempresentasikan jurnal dalam bentuk slide. Sebagai budak desain (terbiasa membuat desain sejak tahun 2016), setiap melihat teman-teman presentasi, tentu fokus utama saya adalah pada desain slide-nya. Hal ini membuat saya terkejut karena ternyata teman-teman saya menjadi ahli dalam membuat tampilan slide-nya menjadi menarik.


Bulan Oktober lalu, saya dikejutkan dengan sahabat saya, Eunike yang tiba-tiba menawarkan diri untuk mendesain keperluan lomba. Tidak lama setelah itu, kami membagi tugas untuk membuat slide kemudian Eunike dan teman satu tim lainnya, Hana mendesain di Canva.com dan hasilnya menurut saya wow (Ternyata semua itu bisa bila dipaksa dan diharuskan, ya). Banyak juga pertanyaan muncul "itu desain-nya gimana?" "gimana sih cara munculin ide?" "aku harus mulai dari mana?"...


Maka dari itu, untuk menjawab keresahan teman-teman, berikut saya rangkum 4 platform/situs di mana teman-teman bisa membuat desain yang ciamik baik itu buat slide, konten pribadi, jualan dan lain sebagainya bagi teman-teman yang mungkin sedang berjuang menjadi budak desain dan sedang mengembangkan bakatnya itu. Check this out!

4 Situs teratas kategori Slide


1. Canva

Tampilan awal dari Canva


Canva is a graphic design platform, used to create social media graphics, presentations, posters, documents, and other visual content.


Sesuai dengan definisinya, platform ini kuat sekali. Pengguna bisa mendesain apapun dengan template, elemen, font yang sudah disediakan. Hanya dengan membuat sayan di Canva, kamu sudah bisa membuat desain slide untuk presentasimu atau sekedar membuat konten untuk akun Instagram secara gratis.



2. Slidesgo 

slidesgo.com

1    

      Discover the best Google Slides themes and PowerPoint templates you can use in your presentations - 100% Free for any use. 


Sesuai dengan kalimat di atas yang saya dapatkan dari situs Slidesgo, di sini teman-teman dapat men-desain slide menggunakan semua template yang ada secara gratis. Template yang ada pun sudah dikelompokkan misalnya template slide untuk kategori health, kids, food, technology dan lain sebagainya. Bila teman-teman membuat slide menggunakan Google Slide, template ini bisa langsung digunakan di Google Slide teman-teman. 

Pilihan template yang ada menurut saya tidak begitu luas untuk dimodifikasi seperti Canva, namun bila membutuhkan desain yang ciamik di waktu yang terbatas, Slidesgo bisa menjadi pilihan. 


3. Slides Mania
slidesmania.com


Free Templates and How To’s for Google Slides and PowerPoint -Not just for presentations!



Slide mania menyediakan berbagai template, yang cukup banyak dan menarik. Situs ini menjadi situs ranking tiga setelah Canva dan Slidesgo. 



4. Graphic Mama

Situs ini memiliki banyak templat gratis dan berbayar. Tidak hanya template untuk slide, Graphic mama juga menyediakan template infografis, vektor, ilustrasi, karakter dan lain sebagainya dengan harga tertentu. Bila mencari yang gratis, saya sarankan untuk mengunjungi situs-situs yang saya rekomendasikan untuk vektor, ilustrasi dan ikon di bawah.

--------------------
4 Situs teratas kategori foto gratis


1. Unsplash


Unsplash.com


Unsplash adalah sumber gambar dengan kualitas yang bagus banget andalan saya. Nomor 1 pasti cari di Unsplash. Kalau sudah menemukan foto A lanjut scroll foto yang lain hingga bisa lupa waktu.


2. Pixabay

Pixabay ini memiliki pilihan yang lebih banyak dibandingkan dengan Unsplash. Tidak hanya foto, tetapi ada ilustrasi, vektor, video untuk footage dan background musik. Semua gambar yang ada di Pixabay gratis, kita hanya perlu mencantumkan credit sebagai bentuk apresiasi dan copyright bila menggunakan semua yang bersumber dari Pixabay (sama seperti situs gratis lainnya).


3. Pexels

Pexels.com

Pexels memiliki stok foto dari banyak creator yang hebat. Melalui situsnya, Pexels sangat menjunjung tinggi creatornya dilihat dari adanya Leaderboard, di mana teman-teman bisa mengunduh foto dari creator yang memiliki viewers paling banyak.


4. Burst

Burst.com



Burst juga ga kalah menarik foto-fotonya. Selain foto, situs di bawah perusahaan e-commerce Shopify ini menyediakan tips-tips dalam berbisnis dan beberapa koleksi foto serta case study yang membuat pengunjunggnya merasa terdorong untuk membuat e-commerce.

Ketika mengunjungi situs ini, teman-teman bisa langsung mencari gambar berdasarkan kategori atau foto yang baru saja diunggah. 


--------------------
8 situs di atas adalah rekomendasi situs dari Nabilah buat teman-teman yang sedang bingung ingin mencari foto di mana atau tidak memiliki ide ketika mendesain slide. Rangkuman dari situs ini pula muncul karena banyaknya pertanyaan dari teman-teman terkait "di mana kamu kalau mencari gambar-gambar gratis dengan kualitas HD?" atau "editin PPT ku dong, kamu ada rekomendasi template slide kah?".


Nah sengaja juga ditulis cuman 4, mungkin teman-teman bisa melengkapi yang ke 5 :D. Semoga membantu dan bermanfaat ya, teman-teman. Terimakasih.
--------------------








Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.