i think this is the time for me to being myself




Others: Nabilah kenapa ga upload di Instagram story kalo kamu lagi masak di rumah?
Me: Kenapa emang? Harus banget update lagi masak di rumah? Kalo tiap hari masak, update tiap hari dong? wkwk bercanda (supaya terdengar manis). Aku masih peduli dengan perasaan orang kok.  

Others: Nabilah kenapa ga mau upload #untiltomorrow? Sehari aja kok
Me: Aku lagi berusaha konsisten nge-upload sesuatu kalo ada cerita dibaliknya ya, kalo caption-nya #untiltomorrow, kayanya kurang deh ceritanya. Kalo lagi pengen upload foto, caption-nya yang normal aja deh. Tapi aku menghargai campaign ini karena rame banget dan hype, sementara aku belum bisa bikin social media campaign yang rame kayak #untiltomorrow. Help me. Tapi aku ga bales gitu ke temenku, malah uninstall Instagram karena kondisinya lagi butuh social media detox.


Others: Nabilah, jangan share pdf bajakan buku-buku lokal deh, kasian penulisnya
Me: Iya, aku merasa bersalah. Maaf ga memperhatiin copyright dan Undang-undang yang ada

Others: Nabilah sering banget upload ke close friend.
Me: Hahaha iya, soalnya yang aku percaya buat ngeliat story aku ya close friend aku. Aku gamau merecoki hidup seseorang dengan story-ku yang kayanya mereka bakal buang-buang waktu kalo liat story-ku.  Harusnya social media itu buat orang yang kita kenal aja ya (followers-nya)?

Others: Ini ada followers yang ga aku kenal, jadi ga berminat buat share story ke mereka. Kayanya mereka bakal terbuang waktunya kalo ngeliat story aku. Tapi banyak juga social media yang followers-nya banyak dan yang punya social media gatau siapa yang nge-follow dia, dia share story bebas-bebas aja nab.
Nah itu dia, people different. Ga bakal sampek kalo mau nyama-nyamain orang

Others: Nabilah, itu berita yang kamu share, hoax deh.
Me: Eh iya, maaf, ga aku cari tau dulu sumbernya darimana, tiba-tiba ada rasa pingin cepet-cepet share, lain kali aku bakal lebih teliti lagi.

Others: Nab, kamu boring orangnya
Me: Ya begini seorang Nabilah Kusuma, mungkin kamu yang ga cocok sama aku. Masa aku harus jadi orang lain supaya bikin kamu nyaman berteman?

Others: Nabilah anti-fluffy-fluffy club ya?
Me: Haha iya bener banget. Sebenernya kalo aku jadi fluffy, that’s fake Nabilah Kusuma.

Others: Apasih gajelas banget, gapaham, nab
Me: Sering banget emang ya. Kayak di otak tuh udah rapi mau ngomong apa, tapi pas diomongin jadi belibet. Jadi gini maksud ku *jelasin ulang dengan pelan-pelan dan runtut*

Others: Gausah salty gitu dong kalo bales.
Me: Bingung mau bales kayak gimana juga. dalam hati : actually I don’t really care with what are you doing or how do you feel today

Me: Tips lolos interview seleksi2 program gitu gimana sih
Others: Kamu harus jadi diri sendiri nab (1), yang penting jadi diri sendiri nab(2), kalo pertanyaan personal, yang penting jadi diri sendiri sih (3) dan seterusnya (xxx)

Me: Kalo aku anaknya mostly independent, mandiri, I have my own way, gasuka diatur, bakal lolos gak ya?
Others: …
kayanya ga cocok deh ikut seleksi-seleksi beginian.
nab, kamu bangun dinding lagi nab, jangan nge-batesin diri kamu deh. 

Me: buka Linkedin Learning, Skill Academy, Youtube, Google: How to answer “…” question
Me: Aduh napa aku ga jujur ya tadi di interview, padahal kan aku orangnya gabisa engage orang”

Others: Ngapain deh lomba-lomba terus, mending tuh bantu sekitar. Apa yang kamu capai emang berguna buat sekitar? Kamu udah bikin kegiatan sosial apa?
Me: mati dah.

Stupid me: Ikut lomba-lomba tuh sebenernya buat ngebuktiin bahwa aku bisa. Aku udah minat di lomba-lomba sejak SMP. Karena aku ga dapet pengakuan bahwa aku bisa. Sering di remehin dang a dianggep bikin aku sering ikut lomba.
Aku yang lebih berbenah: Terus sekarang udah dapet pengakuan? Nah, ternyata ganti haluan wkwk. Kalo niatnya cari pengakuan, ternyada dosa banget aku. Aku merasa ini salah. Bukan itu ternyata yang sebenernya aku dapetin, ternyata lebih ke menggali lebih dalam, apakah bener ini passion aku? Apakah bener aku melakukan hal yang aku suka? Wah ternyata ideku bisa ngebantu orang lain ya, wah ternyata kalo misal ini diimplementasiin ke masyarakat bakal nge-bantu banget nih. Ngelakuin hal yang sesuai sama passion terus melibatkan masyarakat itu seru. Ikut lomba, ternyata ngelatih aku buat berani di depan orang lain yang ga aku kenal. Public speaking-ku terlatih juga disini. I get more than what I expected. Networking dapet banget. Allah Maha Baik sekali.

Others: Emang udah ngelibatin masyarakat?
Me: Iya, aku ga fokus kesana tahun lalu fokus banget di competitions, untuk dapet networking. Aku masih punya goals,  lagi mikir dan cari-cari orang buat bikin social media initiative, social organization/social avtivities/volunteering activities yang semoga bisa bermanfaat bagi orang di sekitarku. Paling engga something yang berbau increasing dental public health awareness lah ya. Ayo mutual-an rek! Aku gabisa kerja sendiri kalo ini.

Others: Nabilah, kamu enak udah banyak ikut journal reading online. Nab, ya jelas kamu ambis banget ikut journal reading, aku mah harus ini dan itu dan ini blablabla.
Me: Hey, bagi waktu sama bagi tenaga coba. -_- dan its all about priority and how you lead yourself. tapi aku juga ga pinter-pinter banget dalam hal ini sih. cuman mau berbagi pengalaman aja. 


  • Aku pagi bersih-bersih rumah dan bantuin ibu masak. Kerjaan rumah udah beres semua ya. I don’t have a housemaid
  • Jam 9 ibuku sama ayahku berangkat kerja, iya mereka gabisa work from home, karena emang kerjaya proyek lapangan.
  • Siang ada istirahat buat ibadah atau work out kecil-kecilan wkwk, terus lanjut journal reading sampe sore.
  • Sore, ibadah lagi, masak buat buka puasa. Ortu aku pulang jam 4 sore, Ibu biasanya langsung nimbrung masak. Abis itu mandi, buka puasa, ibadah dan aku kembali lagi buka si Meredith (my laptop) buat ikut online course (di edX, online webinar yang infonya dapet di sosial media), nonton youtube, nonton video linkedin learning, nulis draft buat blog, edit video yang lama banget ga kelar wkwk, atau baca buku.
  • Walaupun banyak, tapi dikit banget kok aku yang fokus memperhatikan presentator. Kenapa? Kalian juga gitu ga sih (kalo anak-anak kedokteran gigi UB kebetulan baca).
  • Karena ada hal yang menurutku lebih membuatku bahagia dan lebih aku prioritasin dari pada journal reading. 
  • Kedua, bosen ga si journal reading terus? Otak cuman bisa fokus beberapa menit di awal. Meanwhile, perlu tanda-tangan untuk jurnal reading. Harusnya ga boleh ya? Kayak ttd journal reading kita yang udah banyak ga merepresentasikan kualitas journal reading yang kita dapet.


Others: Nabilah ngapain ikut banyak kegiatan, tapi banyak juga ngeluh sama bacot nya?
Me: Iya, aku komitmen sih, sebacot dan se-mengeluh-nya Nabilah, kalo masih ngerjain, berarti aku masih tanggung jawab dan komitmen kok. Ya itu biar aku lebih bahagia aja. Masa harus semuanya positif? Pasti ada beberapa kegiatan yang bikin kamu nyinyir kan? Itu ngelatih diri kita buat sabar dan kadang bisa bikin kita tau apa yang kita mostly taking care of atau kelebihan kita dimana, passion kita dimana. Karena kebanyakan orang itu marah atau jengkel kalo liat/ mengalami hal-hal yang berkaitan dengan hal yang berlawanan dengan passion / hal yang mereka suka. Misal, aku bakal mengumpat ketika ada orang yang ngasih jobdesk atau tugas mendadak. Karena aku lebih suka sesuatu yang well organized dan terencana dengan baik. Misal lagi, aku bakal mengumpat ketiga ada orang bikin PPT atau laporan tapi paragrafnya ga di justify, atau ada typo, atau ada yang ga rapi. Karena aku lebih suka sesuatu yang rapi dan perfect. Aku bakal seneng banget kalo ada orang yang ngingetin kalo aku ada typo, atau sesuatu yang ga rapi, karena itu bikin aku bisa introspeksi diri berkaitan dengan hal-hal yang katanya aku suka di hal itu.

Cukup sekian cerita tentang hal-hal yang sering merecoki unek-unek dan pikiranku akhir-akhir ini. Terimakasih yang sudah membaca, semoga kita sama-sama terus belajar dan introspeksi diri untuk hidup yang lebih baik.



Stay safe, stay at home, stay productive

p.s. yang ada saran boleh banget komentar di bawah. makasi. 




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.